Minggu, 17 Januari 2016

Resensi novel : Just don't make a scene, mum



1

.     Identitas Buku
Penulis             : Rosie Rushton
Kategori          : Novel dan cerita
Tahun terbit     : 2004
Bahasa             : Indonesia
ISBN               : 9792211012
Halaman          : 200
Berat buku      : 175,00 gram
Dimensi           : 20 x 13,5
Harga              : Rp. 22.500,00

2.     Kepengarangan
Latar belakang pengarang
          Rosie Rushton merupakan penulis berbakat yang mampu menggambarkan watak-watak para pemainnya. Penulis yang berasal dari London Inggris ini, telah banyak melahirkan novel-novel yang bagus, terutama untuk kalangan remaja.

3.      Sinopsis
Chelsea Gee adalah putri lima belas tahun dari reporter terkenal dan bibi penderitaan Ginny Gee. Ayahnya menganggur dan suka memasak makanan eksotis. Saudara laki-lakinya, Warwick, meninggalkan untuk Indonesia untuk membantu menyelamatkan pohon-pohon dan adiknya, Jenewa, studi di Chicago . Chelsea malu karena ibunya, karena dia kelebihan berat badan dan tidak memiliki selera mode.
Orang tua Laura Turnbull sudah bercerai. Ayahnya tinggal bersama pacarnya "Bestial" Betsy, dan anak-anaknya Sonia dan Daryl. Laura tinggal bersama ibunya di sebuah rumah kecil. Ruth pacaran dengan Melvyn, yang membenci Laura. Dia berpikir bahwa orang tuanya harus hidup bersama.
Ibu Jemma Farrant adalah sangat kuno. Dia pikir putrinya harus memakai rajutan tangan jumper dengan sedikit beruang di atasnya untuk sekolah. Jemma tidak diperbolehkan punya pacar atau memakai make-up.
Jon Joseph memiliki bakat untuk seni, tetapi ayahnya ingin dia belajar hukum di Cambridge. Ibunya tidak terkejut, karena dia suka lukisan juga, tapi dia tidak bisa mengerti mengapa anaknya ingin pergi ke Lee Bukit bukannya Bellborough Court.
Ayah Sumitha Barenji yang berpikir bahwa putrinya harus memiliki rambut panjang, tidak ada make-up dan tidak ada pacar. Sumitha tidak bahagia dan dia ingin ayahnya untuk berubah. Untungnya, ibunya ada di pihak putri.
Laura panggilan ke Ginny Gee penderitaan bibi acara radio dengan nama palsu dan mengeluh tentang orangtuanya bercerai dan pacar baru ibunya. Ginny mengakui suara Laura dan merasa tidak nyaman, karena ia berteman dengan ibu Laura. Ayah Laura juga mendengar acara itu, dan bertanya-tanya tentang kebahagiaan putrinya.
Sementara itu, Jon berpendapat dengan ayahnya tentang pilihannya karir. Jon meninggalkan sepedanya, tapi tidak sengaja bertabrakan dengan Laura. Pada awalnya mereka berpendapat, tetapi mereka segera menyadari bahwa mereka bergaul dengan baik.
Ayah Sumitha melarang dia untuk pergi ke pesta, tapi dia pergi ke Laura untuk menginap dan mereka menyelinap keluar bersama-sama. Chelsea menari dengan Rob, dan Sumitha dengan Jon, yang mengganggu Laura. Setelah pesta Laura dan Sumitha berdebat tentang Jon.
Beberapa minggu kemudian, ada pertemuan orang tua di sekolah. Kemudian libur mulai dan perempuan yang pergi ke luar negeri dengan orang tua mereka (kecuali Jemma, siapa yang akan Paris dengan guru dan beberapa siswa dari Lee Hill). Tapi sebelum meninggalkan Leehampton, orang tua mengadakan pesta di Gees '.

4.     Kelebihan dan Kekurangan

Dibuku ini penulis mampu menggambarkan watak para tokohnya, selain itu cerita dibuat berurutan sehingga mampu memudahkan pembaca untuk memahami isi novel tersebut. Tidak hanya itu, novel ini juga mempunyai banyak sekali nilai moral yang dapat kita pelajari. 
Namun, dibuku ini tidak jarang ditemukan kata yang jarang ditemukan dari sebuah novel. Lalu ada beberapa bagian kata yang tidak pantas ditulis dalam novel ini.


5.     Kritik dan Saran

Menurut saya buku ini memiliki terjemahan yang tidak begitu baik. Saran saya, harus lebih memiliki terjemahan yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar