Minggu, 01 Januari 2017

Fungsi Pelabuhan

( https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjvvIucpqHRAhXGuo8KHaRSAE4QjRwIBw&url=http%3A%2F%2Fwww.membuatmaketminiatur.com%2Fproduct%2F20%2F19%2FMAKET-PELABUHAN-TANJUNG-PRIOK&psig=AFQjCNG8dWQnBwKPvdhhi_-MCNoCJHGyww&ust=1483372160528340 )
Fungsi pelabuhan paling tidak ada empat, yaitu sebagai tempat pertemuan (interface), gapura (gateway), entitas industri, dan mata rantai transportasi.

1.      Tempat Pertemuan (Interface)
Pelabuhan merupakan tempat pertemuan dua moda transportasi utama, yaitu darat dan laut serta berbagai kepentingan yang saling terkait. Barang-barang yang diangkut dengan kapal laut akan dibongkar dan dipindahkan ke angkutan darat seperti truk atau kereta api. Sebaliknya, barang-barang yang diangkut dengan truk atau kereta api di pelabuhan dibongkar dan dimuat di kapal.

2.      Gapura (Gateway)
Pelabuhan berfungsi sebagai gapura atau pintu gerbang suatu negara atau wilayah. Warga negara dan barang-barang dari negara asing yang memiliki pertalian ekonomi masuk ke suatu negara akan melewati pelabuhan tersebut. Sebagai pintu gerbang negara, citra negara sagat ditentukan oleh baiknya pelayanan, kelancaran serta kebersihan di pelabuhan tersebut. Pelayanan dan kebersihan di pelabuhan merupakan cermin negara yang bersangkutan.

3.      Entitas Industri
Dengan berkembangnya industri yang berorientasi ekspor maka fungsi pelabuhan menjadi sangat penting. Dengan adanya pelabuhan, hal itu akan memudahkan industri mengirim produknya dan mendatangkan bahan baku. Dengan demikian, pelabuhan berkembang menjadi suatu jenis industri sendiri yang menjadi ajang bisnis suatu usaha, mulai dari transportasi, perbankan, perusahaan leasing peralatan dan sebagainya.

4.      Mata Rantai Transportasi
Pelabuhan merupakan bagian dari rantai transportasi. Di pelabuhan, berbagai moda transportasi bertemu dan bekerja. Pelabuhan laut merupakan salah satu titik dari mata rantai angkutan darat dengan angkutan laut. Orang dan barang yang diangkut dengan kereta api bisa diangkut mengikuti rantai transportasi dengan menggunakan kapal laut. Oleh karena itu, akses jalan mobil, rel kereta api, jalur dari dan ke bandar udara sangatlah penting bagi suatu pelabuhan. Selain itu, sarana pendukung, seperti perahu kecil dan tongkang akan sangat membantu kelancaran aktivitas pelabuhan sebagai salah satu mata rantai transportasi.



Sumber :
-          Buku “Shipping Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut” Edisi Revisi
-          Google image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar