Kamis, 10 November 2016

Fasilitas Pelabuhan

FASILITAS PELABUHAN

            Untuk menunjang kelancaran aktivitas di pelabuhan, dalam pelabuhan tersedia berbagai fasilitas. Berikut ini adalah beberapa fasilitas utama yang ada dalam pelabuhan.

1.      Penahan Gelombang
Adalah konstruksi dari batu-batuan yang kuat dan dibuat melingkar memanjang ke arah laut dari pelabuhan utamanya yang dimaksudkan sebagai pelindung pelabuhan itu.

2.      Jembatan (Jetty)
Adalah bangunan berbentuk jembatan yang dibuat menjorok keluar ke arah laut dari pantai atau daratan. Dibuat untuk menampung sementara barang yang akan dimuat/bongkar dari/ke kapal yang sandar di jembatan itu.

3.      Dolphin
Adalah kumpulan dari tonggak-tonggak dari besi, kayu, atau beton agar kapal dapat bersandar disitu untuk melakukan bongkar muat ke tongkang.

4.      Mooring Buoys (Pelampung Pengikat)
Pelampung dimana kapal ditambatkan untuk melakukan suatu kegiatan.

5.      Tempat Labuh
Adalah tempat perairan dimana kapal melego jangkarnya untuk melakukan kegiatan. Tempat labuh juga berfungsi sebagai tempat menunggu untuk masuk ke pelabuhan.

6.      Single Buoy Mooring (SBM)
Adalah pelampung pengikat dimana kapal tanker dapat muat bongkar muatannya melalui pipa di pelampung itu yang menghubungkan ke daratan atau sumber pasokan.

7.      Tongkang (Linghter)
Adalah perahu-perahu kecil yang dipergunakan untuk mengangkut muatan atau barang dari atau ke kapal yang dimuat/bongkar, yang biasanya ditarik oleh kapal tunda.

8.      Alur Pelayaran dan Kolam Pelabuhan
Adalah bagian dari perairan di pelabuhan tempat masuk/keluarnya kapal.

9.      Rambu Kapal
Adalah tanda-tanda yang dipasang di perairan menuju pelabuhan untuk memandu kapal berlabuh.

10.  Gudang
Adalah tempat penampungan barang yang tertutup agar terlindung dari cuaca.

11.  Dermaga
Adalah tempat dimana kapal dapat berlabuh atau sandar guna melakukan kegiatannya, baik bongkar/muat ataupun kegiatan lainnya



Sumber:

Buku “Shipping Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut” Edisi Revisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar