Minggu, 15 November 2015

MAKALAH
Ilmu Sosial Dasar

“Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi di Era Globalisasi”




Disusun Oleh :
Andry Octaviantoro (10315753)



KELAS 1TA07
FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERANCANGAN
Mata Kuliah :Ilmu Sosial Dasar

Dosen : Emilianshah Banowo



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi di Era Globalisasi ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga saya berterima kasih pada Bapak Emilianshah Banowo selaku Dosen mata kuliah Ilmu sosial dasar yang telah memberikan tugas inikepada kami.
Saya sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi di Era Globalisasi. Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah saya buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yangtelah disusun ini dapat berguna bagi saya sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.







                                                                                                Jakarta, 8 November 2015   


                                                                                                           
                                                                                                Penulis


DAFTAR ISI
Kata Pengantar ………………………………………………………….. 2
Daftar Isi …………………………………………………………………  3
Bab I Pendahuluan
            I.A. Latar Belakang ……………………………………………….. 4
            I.B. Rumusan Masalah …………………………………………… 5
            I.B. Tujuan ………………………………………………………... 5
Bab II Pembahasan
            II.A. Pengertian dan sejarah TI...……………………………………        6
            II.B. Perkembangan Teknologi Informasi…………………………..         7
            II.C. Dampak perkembangan Teknologi Informasi…………………        7
Bab III Penutup
            III.A. Kesimpulan ……..………………………………………….. 9
            III.B. Saran ……………………………………………………….  9
Daftar Pustaka …………………………………………………………… 10











BAB 1
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian rupa cepatnya telah membawa dunia memasuki era baru yang lebih cepat dari yang pernah dibayangkan sebelumnya.Perkembangan teknologi ini membawa perubahan dalam berbagai bidang kehidupan manusia.Sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi.Seseorang menggunakan teknologi karena manusia memiliki akal dan pikiran. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan pikirannya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Saat ini, segala aspek kehidupan tersebut telah berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pila dengan perkembangan masyarakat modern, kemudian secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju ke arah globalisasi. Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek Teknologi Informasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila masyarakat dahulu dalam informasi jarak jauh memerlukan waktu yang begitu lama, karena saat itu masih menggunakan cara surat menyurat, kemudian berkembang menjadi faksimile kemudian telepon dan sekarang pada tingkat yang lebih modern telah muncul telepon genggam dengan berbagai aplikasi canggih yang memudahkan untuk memperoleh informasi.
Tentunya perkembangan teknologi ini memberikan dampak yang begitu besar terhadap nilai-nilai yang ada di masyarakat, terutama untuk generasi muda. Kemajuan teknologi informasi seperti televise, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negative, dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.
Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini berpengaruh sangat signifikan terhadap masyarakat terutama generasi muda saat ini dalam segala aktifitas,kehidupan, cara kerja, metode belajar, gaya hidup, maupun cara berpikir. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi informasi harus diperkenalkan kepada masyarakat, terutama pada generasi muda.












B.      Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Bagaimanakah perkembangan Teknologi Informasi di era globalisasi saat ini ?
2.      Bagaimana cara pemanfaatan perkembangan teknologi informasi ?
3.      Apa dampak perkembangan Teknologi Informasi di era globalisasi saat ini ?

C.     Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui perkembangan Teknologi Informasi di era globalisasi saat ini.
2.      Untuk mengetahui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi.
3.      Untuk mengetahui dampak Teknologi Informasi di era globalisasi saat ini.




















BAB II
PEMBAHASAN
A.                Pengertian dan SejarahTeknologi Informasi
Teknologi informasi atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Information teknologi (IT) adalah  istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.Contoh dari teknologi informasi bukan hanya berupa computer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa, maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bias disimpen lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali. Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar.Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh.Semua itu berkembang sampai saat ini, sehingga informasi bisa lebih mudah untuk didapat dan disimpan dengan mudah.







B.                 Perkembangan Teknologi Informasi
Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat saja, terutama di era globalisasi saat ini.Adanya perkembangan teknologi informasi menghasilkan suatu media yang mampu menembus batas fisik antar Negara melalui dunia maya yang disebut internet. Internet tidak hanya mampu mengolah pesan atau data saja, tetapi memungkinkan kita bias bercakap cakap dan bertatap muka dengan seseorang yang jaraknya jauh, sehingga teknologi ini telah menghapus jarak ribuan kilometer antar bangsa hanya dalam hitungan detik saja.
Adanya teknologi informasi semacam internet sekarang ini juga mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja.Oleh karena itu maka perkembangan teknologi informasi harus disikapi dengan sikap terbuka dan diterima dengan baik oleh kita.Walaupun diakui bahwa dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat sekarang ini selain membawa dampak positif juga berdampak negatif bagi penggunanya.
Tidak mengikuti perkembanagan teknologi informasi berarti tidak dapat bersaing.Slogan seperti ini patut ditanamkan dalam diri kita.Coba bayangkan di era globalisasi ini, dimana segala hal berbau kecanggihan teknologi.Jangan sampai di zaman yang serba modern dan canggih ini kita dianggap gagap teknologi.

C.                Dampak Perkembangan Teknologi Informasi
Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini bagaikan dua mata koin yang tidak dapat dipisahkan.Tentunya hal tersebut menimbulkan dampak positif dan juga dampak negatif.
a.       Dampak Positif
-          Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
-          Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.
-          Mempermudah penyelesaian tugas tugas atau pekerjaan.
-          Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.


b.      Dampak Negatif
-          Mudahnya untuk mengakses situs situs dewasa, informasi sara, kekerasan, menjadi hal yang biasa.
-          Kemudahan transaksi memicu munculnya bisnis bisnis terlarang seperti black market illegal.
-          Munculnya cybercrime, terutama pada media social.
-          Munculnya budaya plagiarism atau penjiplakan hasil karya orang lain.
























BAB III
KESIMPULAN

A.    Kesimpulan
Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi informasi terus saja berkembang sangat pesat. Tentunya, suatu perkembangan tersebut harus diikuti pula dengan cara menggunakannya dengan baik dan benar. Sebagaimana dua mata koin, perkembangan teknologi informasi menimbulkan berbagai dampak yang dapat mempengaruhi kehidupan, baik secara individu maupun kelompok.Perkembangan teknologi informasi menimbulak dampak positif dan juga dampak negatif.Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus cerdas menggunakannya.
B.     Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih focus dan detail menjelaskan tantang makalah diatas dengan sumber-sumber yang lebih banyak dan dapat dipertanggung jawabkan








DAFTAR PUSTAKA

1.      repository.usu.ac.id
3.      Wikipedia
4.      elida-gokil.blogspot.com

5.      fadliu.blogspoy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar